Sabtu, 07 April 2012

Cara Budidaya Anggur Merah

Cara Budidaya Anggur Merah

Setelah postingan saya tentang Budidaya Anggur, buat sobat petani semua saya kembali postingkan tentang anggur ini yaitu Cara Budidaya Anggur Merah. Jadi pada artikel saya ini, sobat petani akan mengetahui lebih banyak dan lebih spesifik pada Anngur Merah. Tentu saja bahasannya akan berkisar tentang Cara Budidaya Anggur Merah.

 Anggur merah adalah buah yang kaya akan manfaat, selain buahnya yang enak anggur merah juga bisa digunakan sebagai bahan minuman, merawat kecantikan dan juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan anggur merah, maka banyak juga orang yang berminat dengan buah yang satu ini. Buat sobat semua, mari kita simak bersama bagaimana Cara Budidaya Anggur Merah ini.

1.  Bibit Anggur Merah
Persiapkan bibit anggur merah yang sudah berumur sekitar 1,5 – 2 bulan, dan panjang akar sekitar 5 – 10 cm, dan bertunas 2, untuk mendapatkan bibit anggur pun tidak sulit, anda bisa membelinya di penjual tanaman hias, taruh bibit anggur di lahan yang telah disiapkan satu bulan sebelum proses penanaman agar bibit beradaptasi. Proses penanaman paling baik dilakukan pada bulan April-Juni.

2.  Lahan yang disiapkan untuk Cara Budidaya Anggur Merah
Untuk membudidayakan tanaman anggur buatlah lubang tanam  50 x 50 x 50 cm / 60 x 60 x 60 cm, dengan jarak tanam 3 x 3 x m / 5 x 4 m, campurkan tanah lapisan atas dengan pupuk kandang, pasir serta natural GLIO dan isikan ke dalam lubang, jangan lupa untuk membuat saluran pemasukan dan pembuangan air irigasi.

3.  Pengairan dan pemupukan Anggur Merah
Tanaman anggur disiram 2 kali sehari, untuk yang dewasa 3 hari sekali, satu bulan sebelum pemangkasan pengairan dihentikan,setelah pemangkasan tanaman diairi lagi, satu minggu sebelum panen pengairan di hentikan kembali dan diairi kembali 3 hari sebelum panen.
Pemupukan dilakukan dengan cara disebar dan dicampur merata tanah secara melingkar sejauh 25 cm dari batang lalu ditutup dan diairi atau dengan cara pengocoran pupuk. dipupuk dengan pupuk yang berunsur N (urea), dilakukan setiap 10 hari sekali sampai berumur 3 bulan, pemupukan 10 gram/pohon. Selanjutnya, tanaman 3-6 bulan butuh 15 gr/pohon setiap 15 hari sekali, 6-12 bulan butuh 50 gr/pohon setiap 30 hari sekali. Setelah tanaman berumur 4 tahun, pemupukan diberikan setahun sekali menjelang pemangkasan pembuahan

4.  Pemangkasan pohon Anggur Merah
Sebelum melakukan pemangkasan sebaiknya pohon dibuatkan rambatan dulu.
Pemangkasan pohon paling baik dilakukan kalau sudah berumur 1 tahun, potong batang pokok tunas yang keluar dari batang pokok dinamakan cabang primer, dua minggu kemudian cabang primer dipangkas, tunas yang tumbuh dari cabang primer dinamakan cabang skunder, cabang skunder yang panjangnya mencapai 1 meter di pangkas yang akan menghasilkan cabang tersier, cabang tersier inilah yang menghasilkan bunga dan menjadi buah. cabang yang siap dipangkas adalah cabang yang ujung tunasnya mudah dipatahkan dan apabila dipangkas menetes air.

5.  Buah dan Bunga Anggur Merah
Dalam budidaya anggur pemangkasan buah dilakukan 2 tahap setahun yaitu bulan Maret – April dan bulan Juli – Agustus. Tiap tunas sisakan 3 helai bunga dan tunas yang tumbuh diatas bunga sebaiknya dipotong sampai berbentuk bakal buan. buah yang tidak normal, rusak, bertangkai panjang dan berhimpitan sebaiknya di gunting dengan menggunakan gunting baru (dilakukan pada waktu buah berukuran sebesar biji asam). Bungkus buah dengan kertas semen atau kantong plastik bening agar buah terhindar dari hama atau pada waktu musim hujan.

Panen siap dilakukan apabila berumur satu tahun dan selanjutnya 1 – 2 kali dalam setahun.
Sobat semua, saya kira ini dari Cara Budidaya Anggur Merah ini tidak jauh berbeda denga cara Budidaya Anggur pada umumnya. Saya berharap artikel ini bisa dijadikan bahan acuan untuk menambah perbendaharaan pengetahuan sobat dalam mengembangkan usaha Budidaya Anggur.

Tidak ada komentar: