Jumat, 13 April 2012

Sejarah Kerajaan Kutai

Sejarah Kerajaan Kutai

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal Kerajaan Kutai sebagai kerajaan dengan peninggalan/bukti sejarah tertua. Sejarah Kerajaan Kutai diketahui dari peninggalan sejarah berupa Yupa (tiang batu). Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di Hulu Sungai Mahakam. Karena kerajaan kutai mempunyai bukti peninggalan sejarah tertua, maka Kerajaan Kutai dianggap sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Berdirinya Kerajaan Kutai

Bardasarkan peninggalan sejarah berupa Yupa, diketahui bahwa Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4. Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Yupa adalah tugu batu yang berfungsi sebagai tiang untuk menambat hewan yang akan dikorbankan. Dari salah satu yupa tersebut diketahui bahwa raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalah Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawanannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana.

Nama Kutai diberikan para ahli, mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh.

Dari Yupa juga diketahui bahwa, raja pertama Kerajaan Kutai bernama Kudungga. Ia mempunyai seorang putra bernama Aswawarman yang disebut sebagai wamsakerta (pembentuk keluarga). Setelah meninggal, Aswawarman digantikan oleh putranya Mulawarman. Penggunaan nama Aswawarman dan nama-nama raja pada generasi berikutnya menunjukkan telah masuknya pengaruh ajaran Hindu dalam kerajaan Kutai. Hal tersebut membuktikan bahwa raja-raja Kutai adalah orang Indonesia yang telah memeluk agama Hindu.

Dalam suatu catatan disebutkan bahwa, Kundungga adalah pembesar dari Kerajaan Campa (Kamboja) yang datang ke Indonesia. Kundungga sendiri diduga belum menganut agama Budha.

Jaman Keemasan Kerajaan Kutai

Dari Yupa diketahui bahwa Kerajaan Kutai mengalami jaman keemasannya pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kutai hidup sejahtera dan makmur.

Raja-raja yang paling terkenal dari kerajaan Kutai adalah:

1. Kundungga : pendiri kerajaan kuatai

2. Asawarman : disebut sebagai wamsakerta (pembentuk keluarga).

3. Mulawarman : pada masa pemerintahannya kerajaan Kutai mengalami jaman keemasan.

Selain raja-raja diatas, raja-raja Kutai lainnya adalah sebagai berikut:

Maharaja Marawijaya Warman
Maharaja Gajayana Warman
Maharaja Tungga Warman
Maharaja Jayanaga Warman
Maharaja Nalasinga Warman
Maharaja Nala Parana Tungga
Maharaja Gadingga Warman Dewa
Maharaja Indra Warman Dewa
Maharaja Sangga Warman Dewa
Maharaja Candrawarman
Maharaja Sri Langka Dewa
Maharaja Guna Parana Dewa
Maharaja Wijaya Warman
Maharaja Sri Aji Dewa
Maharaja Mulia Putera
Maharaja Nala Pandita
Maharaja Indra Paruta Dewa
Maharaja Dharma Setia

Sumber: Sejarah Nasional Indonesia II, Marwati Djoened Poesponegoro, Nugroho Notosusanto

Tidak ada komentar: