Kamis, 01 Januari 2015

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 7

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara menonaktifkan otomatis update pada windows 7, ada baiknya kita ketahui dulu apa kelebihan dan kekurangan dari fitur update otomatis pada windows 7 ini.

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa saya simpulkan adalah:

1.Otomatis update akan memudahkan pengguna windows 7 dalam mendapatkan update fitur-fitur baru windows 7.
2.   2. Bagi pengguna yang berlisensi resmi windows 7 nya, akan mudah nantinya untuk melakukan upgrade sistem operasi ke versi windows 8 melalui fitur ini. Tinggal koneksinya saja yang dimantapkan. He..he..
3.  3. Fitur ini akan langsung menginformasikan kepada user nanti lewat notifikasi pada bagian icon action center jika sudah ada lagi update terbaru dari fitur windows 7 (dalam kondisi komputer terkoneksi dengan internet).
4.  4.; Baik pengguna yang berlisensi resmi maupun tidak, jika fitur ini masih dalam kondisi aktif maka akan memperlambat kinerja windows 7.
5   5.Pengguna yang spesifikasi perangkat keras (hardware) komputer yang digunakan pas-pasan khususnya pada hardisknya, jika fitur ini selalu melakukan update otomatis pada windows 7 maka kapasitas penyimpanan semakin lama akan semakin berkurang.
6.  6. Jika update otomatis ini sementara berlangsung kemudian Anda hentikan secara paksa proses updatenya maka tidak menutup kemungkinan salah satu perangkat keras (hardware) komputer Anda akan rusak terutama pada motherboard/mainboard.
7.    7. Kalau ada kelebihan dan kekurangan lain dari fitur ini, silahkan ditambahkan lewat komentar di bawah postingan ini.

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan fitur default windows 7 ini, selanjutnya saya serahkan pada Anda untuk memutuskan mau menonaktifkan fitur update otomatis ini atau tetap mengaktifkannya.

Berikut ini saya sampaikan 2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 7:

Cara Pertama : Lewat Control Panel
Silahkan buka control panel windows nya dengan cara klik start atau tekan windows key pada keyboard kemudian pilih control panel. Setelah terbuka windows control panelnya, silahkan pilih dan klik system and security. Selanjutnya silahkan lihat pada bagian windows update, di bawahnya ada pilihan Turn Automatic Updating On or Off. Nah, setelah terbuka windows selanjutnya untuk melakukan pengaturan pada fitur update otomatis windows 7 nya, silahkan perhatikan pada bagian Important Update. Pada bagian itu ada beberapa pilihan yang penjelasannya sebagai berikut :

Install update automatically (recommended).
Pilihan ini akan mengatur Windows untuk melakukan download dan menginstall update secara otomatis. Jika Anda memilih pilihan ini maka update otomatis pada windows 7 akan tetap aktif.


Download update but let me choose whether to install them.
Jika Anda memilih pilihan ini maka windows akan melakukan download update secara otomatis, namun tidak akan menginstallnya secara otomatis. Anda bisa saja melakukan pemilihan secara manual untuk menginstal update tersebut ataupun tidak.


Check for update but let me choose whether to download and install them. 
Pilihan ini akan mengatur Windows hanya memeriksa update, namun tidak mendownload dan menginstall update tersebut. Jadi Anda hanya akan mendapat notifikasi tentang update yang ada. Anda bisa mendownload ataupun menginstallnya sesuai dengan keinginan Anda.


Never check for update (not recommended). 
Pilihan ini akan mematikan atau menonaktifkan update otomatis pada windows 7 secara penuh. Windows tidak akan memeriksa update yang ada ataupun mendownload dan menginstall update tersebut. Karena maksud dan tujuan tulisan ini adalah untuk menonaktifkan update otomatis pada windows 7, jadi silahkan pilih pilihan ini.



Selanjutnya pada bagian Recommended Updates dan Who can Install Updates, silahkan hilangkan ceklisnya tapi menurut saya bagian itu sifatnya opsional yang penting Never check for update (not recommended) sudah dipilih. Jika sudah selesai semua pengaturannya langsung saja klik OK. Cara pertama selesai.

Cara Kedua : Lewat Local Group Policy Editor
Untuk menonaktifkan update otomatis windows 7 lewat Local Group Policy Editor, langsung saja tekan tombol windows + R pada keyboard untuk membuka Windows Run. Setelah terbuka windows Run-nya, silahkan ketik perintah gpedit.msc lalu klik OK atau langsung tekan enter pada keyboard.


Setelah terbuka windows Local Group Policy Editor, pada bagian User Configuration klik dua kali Administrative Templates terus pilih dan klik folder System. Di kolom sebelah kanan silahkan klik dua kali Windows Automatic Updates dan akan muncul lagi windows baru. Silahkan aktifkan pilihan Enabled kemudian klik apply dan klik OK. Akhiri cara kedua ini dengan menutup windows Local Group Policy Editornya.

Tidak ada komentar: