Jumat, 21 September 2012

Kota-kota Terbesar Di Dunia

Kota-kota Terbesar Di Dunia
Kota-kota Terbesar Di Dunia
Untuk menentukan suatu kota itu masuk dalam daftar Kota-kota Terbesar Di Dunia,  tidak hanya diukur dari banyaknya jumlah populasinya, luas wilayah, tetapi juga fasilitas publik, infrastruktur, sistem transportasi dan lain sebagainya. Secara umum kriteria yang masuk dalam kota besar antara lain pusat dari segala kegiatan suatu negara. Pusat pemerintahan, pusat perekonomian, pusat perdagangan, pusat bisnis, heterogenitas penduduk dan simbol kehidupan modern.

Kota-kota Terbesar Di Dunia pada umumnya tumbuh besar karena adanya berbagai kemudahan, terutama dalam hal penghidupan. Hal ini dapat dimaklumi, karena pada dasarnya manusia akan selalu berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan ekonominya. Mereka akan bergerak kearah dimana sumber penghidupan dirasa lebih menjanjikan, dan lebih menguntungkan, dan sudah barang tentu didukung pula oleh berbagai pasilitas yang memudahkan.
Berikut ini daftar Kota-kota Terbesar Di dunia  (10 kota terbesar di dunia):
10. Osaka, Jepang
Osaka merupakan kota metropolitan dan salah satu kota terbesar di dunia dengan populasi hampir 18 juta orang. Osaka kota yang padat, pusat perekonomian dan perindustrian. Berbagai aktivitas perdagangan, jasa, manufaktur dan perusahaan-perusahaan elektronik besar seperti Panasonic, Sharp, Sanyo berkantor pusat di Osaka. Osaka dilengkapi dengan fasilitas transportasi yang baik, modern, cepat dan nyaman seperti Shinkansen, subway, kereta api komputer. Di bidang pendidikan Osaka mempunyai sekitar 10 universitas.

9. Los Angeles, USA

Los Angeles (LA) kota terpadat kedua di Amerika Serikat dan salah satu kota terbesar berpenduduk multikultural dengan populasi sebanyak 17,8 juta jiwa. LA masuk ke dalam Negara Bagian California. LA pusat dunia bisnis, fashion, pendidikan, teknologi, hiburan dan lain-lain. Industri film Hollywood, gedung The Academy Awards, Walt Disney Concert Hall juga terletak di LA. UCLA, salah satu universitas terbesar di California terletak di Los Angeles. LA dilengkapi dengan fasilitas angkutan umum seperti bus, kereta bawah tanah yang modern. Bandara Internasional Los Angeles dan pelabuhan Los Angeles seakan melengkapi LA sebagai kota yang modern dan mesin pencetak uang.

8. Shanghai, China

Sebagai negara yang perkembangan perekonomiannya sangat pesat, kemajuan perekonomian China telah berhasil melampaui Jepang di kawasan Asia. Kota-kota di China juga berkembang dengan pesat mengikuti kemajuan jaman, salah satunya Shanghai. Shanghai salah satu kota terbesar menjadi pilar utama China, dengan populasi sebanyak 19 juta jiwa. Shanghai dipersiapkan untuk menjadi pusat komersial dan keuangan global serta pusat pelayaran internasional, karena letaknya yang strategis yaitu di Delta Sungai Yangtze. Di bidang pendidikan, Shanghai mempunyai salah satu sistem pendidikan yang paling maju di China yang menerapkan wajib belajar 9 tahun dan banyak dicontoh oleh negara-negara lain. Sistem transportasi juga sangat maju, memadai dan nyaman. Shanghai memiliki metro, bus serta Maglev yaitu kereta api kebanggaan warga China khususnya Shanghai.

7. Delhi, India

Delhi merupakan salah satu kota terbesar dengan populasi yang sangat padat yaitu sekitar 18,1 juta jiwa. Sejak abad ke-6 SM, Delhi telah menjadi pemukiman penduduk yang banyak penghuninya, dikarenakan letaknya yang sangat strategis yaitu di tepi sungai Yamuna. Akibat pengaruh migrasi, Delhi tumbuh menjadi kota yang multikultural metropolis, serta menjadi pusat politik, budaya dan komersial. Sistem transportasi di Delhi sangat memadai seperti Metro Delhi, bandara internasional, transportasi tradisional seperti auto becak juga masih tersedia di Delhi.

6. Bombay, India

Bombay dengan luas daerah 437,71 km­‑2­, termasuk kota terbesar di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 14 juta jiwa. Bombay juga kota terkaya di India. Di abad 18 Bombay berkembang pesat menjadi kota perdagangan, ini dikarenakan banyaknya para imigran baik dari seluruh India maupun di luar India. Transportasi di Bombay memberikan layanan yang baik seperti Mumbay Suburban Railway. Banyak lembaga-lembaga penting berkantor pusat di Bombay seperti lembaga nuklir India BARC, IREL dan lain-lain. Industri perfilman India, Bollywood juga berada di Bombay.

5. Sao Paulo, Brazil

Sao Paulo adalah kota terbesar di Brazil, dengan luas wilayah lebih dari 1.523 km2 dan jumlah populasi sekitar 19 juta jiwa. Sao Paulo memiliki banyak bangunan landmark diantaranya adalah Museum Paulista, MASP, Pusat Bisnis PBB dan lain-lain. Penduduk Sao Paulo sangat beragam etnis, ras dan agama, terutama setelah dihapusnya sistem perbudakan tahun 1888. Para imigran dari berbagai negara terus berdatangan. Warga Brazil khususnya Sao Paulo sering mengadakan karnaval, bahkan termasuk parade karnaval terbesar. Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari masyarakat Brazil, tercatat sebanyak lima kali Brazil memenangkan World Cup. Tim sepak bola yang menjadi kebanggaan Sao Paulo adalah Sao Paulo FC. Pada tahun 2014 mendatang Sao Paulo termasuk salah satu penyelenggara Piala Dunia 2014 karena Brazil menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

4. New York, USA

New York masuk dalam kota terbesar di dunia dengan populasi 19,1 juta dan juga masuk dalam negara bagian New York. The Big Apple, The City That Never Sleeps, Gotham, Center of The Universe adalah julukan bagi New York. Banyak bangunan landmark berdiri di New York seperti Patung Liberty, kawasan bergengsi Times Square, di industri hiburan ada Teater Broadway, pusat finansial Wall Street, kawasan bisnis Manhattan Chinatown, Markas Besar PBB, di bidang pendidikan ada Columbia University dan New York University. Pada tanggal 11 September 2001, warga New York dikejutkan dengan serangan yang menghancurkan gedung WTC. New York adalah pusat berbagai macam media mulai dari televisi hingga koran di New York yang terkenal adalah The New York Times, The Wall Street Journal. HBO, MTV, NBC, ABC adalah jaringan siaran yang berkantor pusat di New York. Olahraga yang digemari warga New York sangat beragam mulai dari bisbol, basket, sepakbola hingga rugby.

3. Seoul, Korea Selatan

Seoul adalah salah satu kota terbesar dengan populasi sekitar 24 juta jiwa. Seoul menjadi pusat ekonomi, pemerintahan dan budaya. Seoul juga mempunyai bangunan landmark yang beragam seperti Moonlight Rainbow Fountain, Gangnam, Samsung Tower Palace dan lain-lain. Perekonomian Korea Selatan termasuk salah satu yang terkuat di dunia dan menjadikan Seoul pusat bisnis. Samsung, LG, Hyundai, Kia bermarkas di Seoul. Infrastruktur di Seoul sudah sangat maju dan berteknologi tinggi yang didukung oleh akses internet yang berkecepatan tinggi 21,71 Mb/s. Sistem transportasi di Seoul sudah sangat canggih, subway di Seoul adalah Metro seoul, Korail Metro 9 merupakan paling sibuk di dunia dengan 8 juta penumpang setiap harinya.

2. Mexico City, Mexico

Mexico City dengan populasi sekitar 21 juta jiwa merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Mexico City menjadi pusat pemerintahan, keuangan dan budaya. Mexico City memiliki bangunan landmark yang dapat dijumpai di banyak tempat misalnya di Reforma Avenue, The National Palace of Mexico, Aeroméxico Building, Mexicana de Aviación Tower dan lain-lain. Mexico city menjadi tempat favorit para ekspatriat dari Uruguay, Brazil, Venezuela, Italia, Perancis, Cina, Korea Selatan dan lain-lain. Sistem transportasi yang sering digunakan warga Mexico City adalah metro, bis listrik dan Bandara Internasional Mexico City adalah bandara tersibuk dan terbesar di Amerika Utara. Universitas tertua kedua, National Autonomous University of Mexico (UNAM) berdiri di Mexico City sejak tahun 1551. Pusat perbelanjaan di Mexico City ada banyak, mungkin ratusan, termasuk mal, departement store, pasar ritel, butik serta yang lainnya.

1. Tokyo, Jepang

Tokyo sebagai ibukota Jepang merupakan kota terbesar di dunia dengan populasi sekitar 32 juta jiwa. Tokyo merupakan salah satu pusat komando ekonomi dunia bersama New York City dan London. Karakteristik masyarakat Jepang yang giat bekerja, menjadikan Tokyo berkembang sangat pesat. Sebagai pusat kegiatan bisnis, pemerintahan dan sebagainya penduduk Tokyo membengkak 2,5 juta jiwa di siang hari. Sebagai kota terbesar di dunia Tokyo memiliki beberapa bangunan landmark seperti Nishi-Shinjuku, Tokyo Tower, Rainbow Bridge, Shibuya dan lain-lain. Sistem transportasi yang canggih dan menjadi kebanggaan masyarakat Jepang adalah Shinkansen dengan ditunjang oleh stasiun kereta api raksasa. Olahraga yang populer di Tokyo adalah sumo, football, bisbol. Sebagai dampak kemajuan teknologi di Jepang, Tokyo menjadi pusat pembuatan film animasi, manga dan komik web. Sutradara Hollywood mulai tertarik membuat film dengan lokasi di Tokyo.
Poskan Komentar