-

peluang usaha

Senin, 10 September 2012

Nama-nama Bendungan Terbesar di Dunia

Nama-nama Bendungan Terbesar di Dunia
Nama-nama Bendungan Terbesar di Dunia
The Gorges Dam
The Gorges Dam
Bendungan/waduk merupakan kenampakan alam buatan, yang sengaja dibuat oleh manusia  untuk berbagai kepentingan. Nama-nama Bendungan Terbesar di Dunia yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia, menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Pada umumnya mereka datang sebagai  wisatawan.

Berikut adalah nama-nama bendungan terbesar di dunia ( 10 terbesar di dunia)
1. Three Gorges Dam – China
Bendungan ini merupakan bendungan terbesar di dunia. Pembangunan bendungan ini berdampak besar pada kehidupan di Sandouping, tidak hanya menyebabkan relokasi puluhan desa tapi juga relokasi monumen-monumen dan pemandangan. Karena ketinggian Bendungan ini, gunung yang biasanya tampak tinggi menjulang jadi tampak lebih rendah.
Seperti bendungan lain yang sedang dibangun, bendungan ini juga merupakan bendungan yang kontroversial menyangkut benar salahnya proyek ini. Pihak yang mendukung menunjuk kepada keuntungan ekonomi dari pengawasan banjir dan tenaga hidroelektrik. Pihak penentang mengkhawatirkan masa depan 1,9 juta orang yang akan dipindahkan; hilangnya lokasi arkeologikal dan budaya yang berharga; dan juga dampaknya terhadap lingkungan.
2. Syncrude Tailings – Canada
Terletak dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada, dan memiliki sekitar 540.000.000 meter volume. Bendungan yang saat ini dikelola oleh Syncrude Kanada Ltd, perusahaan ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Bendungan ini berfungsi untuk menyimpan sisa ekstraksi minyak atau residu (tailing) sebagai produk sampingan dari proses ekstraksi minyak.
3. Aswan Dam – Egypt
Bendungan Aswan sebenarnya merupakan sepasang bendungan: Bendungan Aswan Tinggi dan Bendungan Aswan Rendah. Pada zaman kuno diketahui bahwa Sungai Nil akan banjir setiap musim panas akibat air mengalir dari Afrika Timur. Penduduk sepanjang sungai merasa perlu untuk mengendalikan banjir di daerah ini. Sekarang tanah tersebut masih cukup subur untuk pertanian dan orang-orang tidak  perlu khawatir terjadi kekeringan tetapi bahaya banjir yang menyapu bersih kota mereka.
4. Fort Peck – USA
Fort Peck Dam yang terletak di timur laut Montana adalah salah satu dari 6 bendungan yang ada di Sungai Missouri. Pembangunannya dimulai pada tahun 1933 sebagai bagian dari New Deal yang diajukan Presiden FD. Roosevelt dan memungkinkan lebih dari 11.000 buruh punya pekerjaan selama pembangunan. Bendungan yang menyebabkan terbentuknya Danau Fort Peck, digunakan untuk mengendalikan banjir dan penghasil listrik.
5. Tarbela Dam – Pakistan
Tarbela Dam selesai pada tahun 1976, Bendungan Tarbela, juga dikenal sebagai Torabela atau Pashto, dianggap sebagai bendungan terbesar yang pernah dibangun di Sungai Indus Pakistan. Meskipun bukan bendungan terbesar di dunia, tapi merupakan bendungan air terbesar yang diisi secara alami oleh bumi. Bendungan ini menyimpan air tidak hanya untuk mengendalikan banjir, tetapi juga untuk irigasi dan produksi energi hidro-listrik.
 6. Mangla Dam – Pakistan
Bendungan ini dibangun pada 1967, sebagian didanai oleh Bank Dunia. Bendungan ini terwujud berkat penandatanganan Indus Water Treaty pada 1960 tentang hak atas air di sungai Ravi, Beas, dan Suglej yang diberikan kepada Pakistan. Sebelum dibangun, sistem irigasi Pakistan bergantung sepenuhnya pada aliran Sungai Indus.
7. Ataturk Dam – Turkey
Bendungan ini selesai dibangun pada 1990, merupakan  bendungan batu yang terletak di Sungai Efrat. Awalnya bernama Bendungan Karababa, bendungan ini kemudian berganti nama dalam rangka menghormati pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Bendungan ini berfungsi untuk mengairi daerah dataran serta sebagai pembangkit listrik.
8. Verzasca Dam – Switzerland
Verzasca Dam juga dikenal sebagai bendungan Contra, dibangun antara tahun 1960 dan 1965 di Val Verzasca, Swiss. Bendungan ini dibangun oleh Verzasca SA, sebuah perusahaan yang menghasilkan listrik di daerah tersebut dan akan terus melakukannya sampai setidaknya tahun 2046. Waduk The Lago di Vogorno adalah buatan, diciptakan oleh bendungan itu sendiri, dan telah menyebabkan gempa bumi pada saat waduk itu penuh oleh air.
9. Nagarjuna Sagar – India
Nagarjuna Sagar terletak di distrik Nalgonda di Andhra Pradesh – India. Dianggap sebagai salah satu yang terbesar yang pernah dibangun di Asia, bendungan ini selesai pada tahun 1966 dan memiliki 26 gerbang puncak individu. Dilihat dari konstruksinya, bendungan ini adalah yang tertinggi di dunia dan danau buatan manusia terbesar ketiga di dunia.
10. Srisailam Dam – India
Terletak di Sungai Krishna, Bendungan Srisailam dibangun di atas Bukit Nallamala dalam ngarai yang berada sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Bendungan ini merupakan salah satu dari 12 bendungan penghasil listrik tenaga air terbesar di negara itu tetapi khusus dibangun dalam rangka memberikan irigasi untuk distrik Kurnool dan Cuddapah – keduanya merupakan daerah yang rentan terhadap kekeringan.
Selain nama-nama bendungan terbesar di dunia diatas, tentu saja masih banyak bendungan-bendungan lain yang juga besar. Mungkin saja diantara pembaca ada yang menemukan/memiliki catatan lain yang berbeda, hal ini saya maklumi karena tiap sumber kadang mempunyai kajian dan penilaian yang berbeda pula. Namun melalui artikel ini saya berharap pembaca akan dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat.
Poskan Komentar