Rabu, 05 September 2012

Nama-nama Sungai Terpanjang di Indonesia

Nama-nama Sungai Terpanjang di Indonesia
Nama-nama sungai terpanjang di Indonesia ini merupakan daftar nama 7 sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Jika dibandingkan dengan sungai-sungai terpanjang di dunia, panjang sungai yang ada di Indonesia ini tentu saja tidak seberapa. Bahkan sungai terpanjang di Indonesia ini tidak masuk dalam daftar 100 sungai terpanjang di dunia. Hal ini dapat kita maklumi, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas daratannya tidak seluas benua.


Diantara sungai-sunagi yang ada di Indonesia ini, ada beberapa sungai yang mempunyai ciri dan karakter tersendiri. Oleh karena itulah dalam pembahasan tentang nama-nama sungai terpanjang di Indonesia ini, akan saya sajikan juga penjelasan singkat agar sobat pembaca sapat lebih mengenal keadaan masing-masing sungai.
Berikut adalah nama-nama sungai terpanjang di Indonesia (7 sungai terpanjang di Indonesia):
  • Sungai Kapuas (Kalimantan)
Sungai Kapuas atau Sungai Batang Lawai merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km. Sungai ini terdapat di provinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas mempunyai hulu di Pegunungan Muller dan mulut sungainya (muara) terdapat di selat Karimata dengan melintasi kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Sintang, Sekadau, Sanggau, Landak, Kubu Raya, hingga membelah kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.
  • Sungai Mahakam (Kalimantan)
Sungai Mahakam menjadi susngai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang total 920 km. Sungai yang terdapat di Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Karimata ini melintasi Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Bahkan sungai Kapuas juga melintasi dan membelah Kota Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini pula menjadi habitat salah satu ikan yang sekaligus mamalia air tawar paling langka yakniPesut Mahakam. Pada aliran sungai Mahakam juga terdapat Danau Cascade Mahakam.
  • Sungai Barito (Kalimantan)
Sungai Barito atau Sungai Dusun, Sungai Banjar Besar, atau Sungai Banjarmasin dan terkadang disebut juga sebagai Sungai Banjar dan Sungai China. Merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dengan panjang mencapai 900 km. Sungai Barito berhulu di Pegunungan Muller dan bermuara di Laut Jawa dengan melintasi provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.
  • Sungai (Batang) Hari (Sumatera)
Sungai Hari atau Batang Hari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang mencapai 800 km. Sungai Batanghari berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala, Jambi. Sungai Batanghari melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi yang meliputi Kabupaten Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Batang Hari, kota Jambi, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Timur.
  • Sungai Musi (Sumatra)
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan (yang berarti: sembilan sungai besar). Panjang sungai Musi mencapai 750 km yang membelah provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat termasuk membelah kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan. Bagian hulu (sumber air) Sungai Musi berada di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Laut Bangka.
  • Sungai Mamberamo (Papua)
Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua dengan panjang sungai mencapai 670 km. Terletak di kabupaten Sarmi disebelah selatan Pegunungan Foja dan bermuara di Tanjung D’Urville di pesisir utara Pulau Papua yang berbatasan dengan samudera Pasifik. Sungai Mamberamo mempunyai berbagai lembah yang kaya akan keanekaragaman hayati dan menjadi tempat mukim berbagai suku terasing sehingga dijuluki ‘Amazonnya Papua’.
  • Sungai Bengawan Solo (Jawa)
Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang mencapai 548 km. Hulu Bengawan Solo terdapat di daerah Pegunungan Kidul di Wonogiri, Jawa Tengah dan bermuara di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Daerah yang dilewati sungai ini di antaranya Kabupaten Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik.
Perlu saya sampaikan disini, bahwa dari daftar 7 sungai terpanjang di Indonesia ini, sebenarnya ada beberapa yang masih diperdebatkan. Hal ini terjadi karena kurangnya data yang valid. Oleh karena itu bila diantara sobat ada yang mengetahui  urutan sungai terpanjang di Indonesia yang lebih baru dan lebih akurat, sudilah kiranya sobat unruk menyampaikannya pada kolom coments atau boleh juga melalui menu contact us.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: