Kamis, 11 Oktober 2012

Peringkat Perguruan Tinggi Di Indonesia

Peringkat Perguruan Tinggi Di Indonesia
Peringkat Perguruan Tinggi Di Indonesia sampai saat ini masih dijadikan standar keberhasilan seorang siswa dalam melanjutkan studynya di perguruan tinggi. Biasanya seorang siswa lulusan SMA atau yang sederajat, akan merasa bangga bila dapat diterima di PT favorit. Demikian juga orang tua, pada umumnya mereka sangat menginginkan agar putranya dapat diterima di PT berperingkat tinggi. Hal yang demikian dapat dimaklumi karena sampai saat ini PT tertentu dinilai mempunyai mutu yang lebih baik.


Pada artikel ini saya mencoba menyajikan daftar Peringkat Perguruan Tinggi Di Indonesia dari berbagai versi. Adapaun urutannya adalah sebagai berikut:
  1. A.      Berdasarkan perbandingan jumlah peminat terhadap sebuah jurusan di suatu PTN
Berdasarkan perbandingan jumlah peminat terhadap sebuah jurusan di suatu PTN, saya mengutip sepeti apa yang dimuat oleh okezon.com pada penerimaan mahasiswa baru tahun pelajaran 2012/2013 sebagai berikut: “Perbandingan jumlah peminat terhadap sebuah jurusan di suatu PTN dengan daya tampung yang tersedia menentukan tingkat persaingan. Semakin besar jumlah peminat namun kursi yang ada sangat terbatas, menyebabkan tingkat persaingan di PTN tersebut sangat tinggi.
Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka menyebutkan, tiga besar PTN dengan tingkat persaingan yang ketat dalam SNMPTN jalur tertulis adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Berdasarkan data yang diterima Okezone melalui Koordinator Humas SNMPTN Ravik Kasidi, ketiga PTN tersebut merupakan kampus dengan persaingan terketat untuk program studi IPA. Berikut secara rinci daftar 10 besar PTN dengan persaingan terketat dalam SNMPTN jalur tertulis 2012.
Untuk program studi IPA, IPB menempati urutan pertama. Disusul Unhas dan ITB di tempat kedua dan ketiga. Di tempat keempat ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sementara urutan kelima dihuni oleh kampus dengan jaket almamater berwarna kuning, Universitas Indonesia (UI).
Beranjak ke nomor enam terdapat Universitas Sumatera Utara (USU). Sementara di posisi tujuh dihuni oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Di peringkat delapan hingga 10 ditempati oleh Universitas Andalas (Unand) Padang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.
Sementara untuk program studi IPS, UI berada di peringkat pertama. Disusul Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) pada posisi dua dan tiga. Selanjutnya, di peringkat empat dan lima dihuni oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Kemudian di tempat keenam terdapat Unair Surabaya diikuti Universitas Riau (Unri) di peringkat ke tujuh. Posisi delapan dan sembilan di huni oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Jambi. Terakhir, peringkat 10 ditempati oleh Universitas Negeri Jakarta”
  1. B.      Versi Times Higher Education Suplement (THES)
THES yang berkedudukan di Inggris pada kuartal ketiga tahun 2011 telah menebitkan peringkat perguruan tinggi sedunia, baik negeri maupun swasta. Dari perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Indonesia berada pada urutan 250 dari 520 perguruan tinggi terbaik sedunia. Berdasarkan hal tersebut, Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar secara berururtan adalah sebagai berikut:
  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Gajah Mada (UGM)
  4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  6. Universitas Airlangga (UNAIR)
  7. Universitas Trisakti
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung
  9. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
  10. Universitas Diponegoro
Untuk 10 besar perguruan tinggi di Indonesia, ada dua PTS masuk didalamnya.
  1. C.      Versi 4ICU Tahun 2012
4ICU adalah sebuah mesin pencari dan direktori (search engine and directory) yang me-review Universitas dan Sekolah Tinggi yang terakreditasi skala internasional. 4ICU meliputi 11000 Universitas dan Sekolah Tinggi yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di lebih 200 negara dunia.
Berikut  informasi lengkap menurut Peringkat Web Universitas se-Indonesia tahun 2012 yang dirilis oleh 4ICU meliputi 318 web Universitas se-Indonesia, yang mendapatkan rangking secara berurutan sebagai berikut :
Pages: 1 2

Tidak ada komentar: