Selasa, 16 Desember 2014

CARA MEMBUAT PETA SITUS / SITEMAP DI BLOGSPOT

Pada umumnya ketika kita memposting suatu artikel pada blog / website adalah kita ingin agar artikel yang kita postingkan itu cepat terindex oleh google. Oleh karena itulah kita perlu peta situs / sitemap. 

Banyak cara untuk membuat peta situs, dari yang di pasang pada template anda sampai yang sangat simple. Disini saya hanya akan menjelaskan cara membuat sitemap untuk blog kita dan submit ke Google webmaster.



Peta situs / sitemap sebagai alat yang dapat membuat artikel kita terindex dengan sangat cepat, dapat kita submit pada mesin pencarian seperti google, yahoo, bing melalui webmaster tool. 

Masalahnya adalah banyak diantara sobat kita (newbe) yang masih belum memahami bagaimana cara membuat peta situs. Untuk itulah saya mencoba membantu sobat-sobat melalui artikel yang berjudul CARA MEMBUAT PETA SITUS / SITEMAP DI BLOGSPOT ini. Jadi pada postingan ini saya peruntukan khusus buat sobat-sobat pengguna blogspot.

Baiklah sobat-sobat kita langsung saja;
Misalnya Homepage blog adalah adalah "http://blogsobat.blogspot.com", maka sitemap atau peta situs blog sobat adalah "http://blogsobat.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=400". Jadi sobat cukup menambahkan ahiran "feeds/posts/default?max-results=400". Dan sitemap atau peta situs blog sobat sudah jadi.


Sekarang sobat hanya perlu submit sitemap pada google webmaster. Sebelum sobat mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools, blog sobat harus sudah di daftarkan di Google Webmaster. Jika belum, silahkan daftarkan dulu blog sobat disini . Apabila sudah terdaftar, silahkan segera kirim peta situs nya.

Cara Mengirim Sitemap / Peta Situs di Google Webmaster Tools
1. Silahkan kunjungi url ini https://www.google.com/webmasters/
2. Klik tombol Masuklah ke Layanan Alat Webmaster
3. Silahkan log in dengan menggunakan username dan pasword sobat
4. Silahkan klik url blog/website sobat.
5. Pilih menu Perayapan dan kemudian silahkan pilih sub menu Peta Situs / Sitemap
6. Silahkan klik tombol Tambahkan / Uji Peta Situs
7. Masukkan kode kode peta situs yang telah sobat buat tadi ke kolom yang di sediakan dan kemudian klik tombol Mengirim Peta Situs
8. Selamat!! Sobat sudah berhasil mengirim Peta Situs Blog/Website sobat di Google Webmaster Tools
Bagaimana? Caranya cukup mudah kan? Kini giliran sobat yang mencoba nya



Tidak ada komentar: