Selasa, 02 Desember 2014

INSTRUMEN PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RPP merupakan bagian yang sangat menentukan berhasil dan tidaknya Proses Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.Kemampuan seorang guru dalam menyusun RPP dengan baik akan menunjukan sampai sejauh mana penguasan guru dalam mendesain kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukannya. 

Agar guru dapat mengetahui kekurangan-kekurangannya dalam menyusun RPP, diperlukan Instrumen Penelaahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebagai contoh instrumen yang diperlukan saya sajikan dibawah ini:
INSTRUMEN PENELAAHAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

1. Nama Guru                    :..............................................
2. Nama Sekolah               :..............................................
3. Mata Pelajaran/Tema     :.............................................

Berilah tanda cek (V) pada kolom “YA” atau “TIDAK” sesuai dengan kriteria yang diberikan. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Saudara.

No
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan

Catatan
Ya
Tidak
A
Identitas Mata Pelajaran



1.
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pela­jaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan



B.
Perumusan Indikator



1.
 Kesesuaian dengan SKL,KI dan KD



2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja opera­sional dengan kompetensi yang diukur



3.
Kesesuaian dengan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.



C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran



1.
Kesesuaian dengan proses dan ha­sil belajar yang diharapkan tercapai



2.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar



D.
Pemilihan Materi Ajar



1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



2.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



3.
Kesesuaian dengan alokasi waktu



E.
Pemilihan Sumber Belajar



1.
Kesesuaian dengan KI dan KD



2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific



3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



F.
Pemilihan Media Belajar



1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific



3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



G.
Model Pembelajaran



1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



2.
Kesesuaian dengan pendekatan Scientific



H.
Skenario Pembelajaran



1.
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas



2.
Kesesuaian kegiatan dengan pendekatan scientific



3.
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi



4.
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi



I.
Penilaian



1.
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian otentik dan holistik (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)



2.
Kesesuaian dengan dengan indikator pencapaian kompetensi



3.
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal



4.
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal



Jumlah “YA”



Nilai Akhir =  Jumlah YA: Jumlah Item X 100



Predikat




Komentar terhadap RPP secara umum:
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
....................................................................................






INSTRUMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN
1. Nama Peserta               : ..............................................
2. Asal Sekolah                : ..............................................
3. Mata Pelajaran             : ..............................................
3. Tema                            : ..............................................

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan




Melakukan apersepsi dan motivasi.



a
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam  mengawali kegiatan pembelajaran.



b
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema  sebelumnya.



c
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang  akan dibelajarkan.



d
Mengajak peserta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.



Kegiatan Inti




Guru menguasai materi  yang diajarkan.



a.
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevandengan perkembangan Iptek dankehidupan nyata .



c.
 Menyajikan materi dalam tema secara sistematis  dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik.



a.
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



b.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



c.
Menguasai kelas dengan baik.



d.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.




Guru menerapkan pendekatan saintifik.



a
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



b
Memancing peserta didik  untuk peserta didik bertanya.



c
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.



d
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.



f
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.




Guru melaksanakan penilaian autentik.



a
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.



b
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.



c
Mendokumentasikan hasil pengamatan skap, perilaku dan keterampilan peserta didik.



Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu



a
Menyajikan pembelajaran sesuai tema



b
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai
mata pelajaran dalam satu PBM



c
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen
karakteristik terpadu.



d
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan
menyenangkan.




Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.



a.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



b.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



c.
Menghasilkan pesan yang menarik.



d.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



e.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.




Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.



a.
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



b.
Merespon positif partisipasi peserta didik,



c.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik,



d.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



e.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme peserta didik dalam belajar.




Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



a.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



b.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



c.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.



  Penutup Pembelajaran

Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif



a.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



b.
 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.



Jumlah “YA”



Nilai Akhir =  Jumlah YA: Jumlah Item X 100



Predikat




Rekomendasi:
.....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
                                                  ............................................,..........
                                                                                                         Supervisor,

                                                                              ____________________________
   

Catatan:
Rentang Nilai:
Interval
Hasil Konversi
Predikat
96 - 100
4.00
Sangat Baik
91 - 95
3.66
85 - 90
3.33
Baik
80 – 84
3.00
75 – 79
2.66
70 – 74
2.33
Cukup
65 – 69
2.00
60 – 64
1.66
55 – 59
1.33
Kurang
<  54
1.00

Tidak ada komentar: