RPP merupakan bagian yang sangat menentukan berhasil dan tidaknya Proses Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.Kemampuan seorang guru dalam menyusun RPP dengan baik akan menunjukan sampai sejauh mana penguasan guru dalam mendesain kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukannya.
Agar guru dapat mengetahui kekurangan-kekurangannya dalam menyusun RPP, diperlukan Instrumen Penelaahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebagai contoh instrumen yang diperlukan saya sajikan dibawah ini:
1. Nama Guru
:..............................................
2. Nama
Sekolah
:..............................................
3. Mata Pelajaran/Tema
:.............................................
Berilah tanda cek (V) pada kolom “YA” atau “TIDAK” sesuai
dengan kriteria yang diberikan. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP
sesuai penilaian Saudara.
No
|
Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil
Penelaahan
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
A
|
Identitas Mata Pelajaran
|
|||
1.
|
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata
pelajaran atau tema pelajaran, jumlah
pertemuan
|
|||
B.
|
Perumusan Indikator
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan SKL,KI dan
KD
|
|||
2.
|
Kesesuaian
penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang
diukur
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan aspek pengetahuan,
sikap, dan keterampilan.
|
|||
C.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan tercapai
|
|||
2.
|
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
|
|||
D.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|||
2.
|
Kesesuaian dengan karakteristik
peserta didik
|
|||
3.
|
Kesesuaian dengan alokasi waktu
|
|||
E.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan KI dan KD
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan materi
pembelajaran dan pendekatan scientific
|
|||
3.
|
Kesesuaian dengan karakteristik
peserta didik
|
|||
F.
|
Pemilihan Media Belajar
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran
dan pendekatan scientific
|
|||
3.
|
Kesesuaian dengan karakteristik
peserta didik
|
|||
G.
|
Model Pembelajaran
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran
|
|||
2.
|
Kesesuaian dengan pendekatan Scientific
|
|||
H.
|
Skenario Pembelajaran
|
|||
1.
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan,
inti, dan penutup dengan jelas
|
|||
2.
|
Kesesuaian kegiatan dengan
pendekatan scientific
|
|||
3.
|
Kesesuaian penyajian dengan
sistematika materi
|
|||
4.
|
Kesesuaian alokasi waktu dengan
cakupan materi
|
|||
I.
|
Penilaian
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk
penilaian otentik
dan holistik (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
|
|||
2.
|
Kesesuaian dengan dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|||
3.
|
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal
|
|||
4.
|
Kesesuaian pedoman penskoran dengan
soal
|
|||
Jumlah “YA”
|
||||
Nilai Akhir
= Jumlah YA: Jumlah Item X 100
|
||||
Predikat
|
Komentar terhadap RPP secara umum:
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
....................................................................................
........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
....................................................................................
INSTRUMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN
1. Nama
Peserta
: ..............................................
2. Asal Sekolah
: ..............................................
3. Mata
Pelajaran
: ..............................................
3. Tema
: ..............................................
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Melakukan apersepsi dan motivasi.
|
||||
a
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|||
b
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau
dengan tema sebelumnya.
|
|||
c
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitan dengan tema yang akan dibelajarkan.
|
|||
d
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Guru menguasai materi yang
diajarkan.
|
||||
a.
|
Kemampuan menyesuaikan materi dengan
tujuan pembelajaran.
|
|||
b.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevandengan perkembangan Iptek dankehidupan
nyata .
|
|||
c.
|
Menyajikan materi dalam tema
secara sistematis dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit
ke abstrak)
|
|||
Guru menerapkan strategi
pembelajaran yang mendidik.
|
||||
a.
|
Melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
|||
b.
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut.
|
|||
c.
|
Menguasai kelas dengan baik.
|
|||
d.
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual.
|
|||
e.
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|||
f.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|||
Guru menerapkan pendekatan saintifik.
|
||||
a
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan
bagaimana.
|
|||
b
|
Memancing peserta didik untuk
peserta didik bertanya.
|
|||
c
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan mengamati.
|
|||
d
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan menganalisis.
|
|||
f
|
Menyajikan kegiatan peserta didik
untuk keterampilan mengkomunikasikan.
|
|||
Guru melaksanakan penilaian
autentik.
|
||||
a
|
Mengamati sikap dan perilaku peserta
didik dalam mengikuti pelajaran.
|
|||
b
|
Melakukan penilaian keterampilan
peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/kelompok.
|
|||
c
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan skap,
perilaku dan keterampilan peserta didik.
|
|||
Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu
|
||||
a
|
Menyajikan pembelajaran sesuai tema
|
|||
b
|
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai
mata pelajaran dalam satu PBM
|
|||
c
|
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen
karakteristik terpadu.
|
|||
d
|
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan
menyenangkan.
|
|||
Guru memanfaatan sumber
belajar/media dalam pembelajaran.
|
||||
a.
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
b.
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran.
|
|||
c.
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|||
d.
|
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
e.
|
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|||
Guru memicu dan/atau memelihara
keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
|
||||
a.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif
peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|||
b.
|
Merespon positif partisipasi peserta
didik,
|
|||
c.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons peserta didik,
|
|||
d.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif.
|
|||
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme
peserta didik dalam belajar.
|
|||
Guru menggunakan bahasa yang benar
dan tepat dalam pembelajaran
|
||||
a.
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar.
|
|||
b.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar.
|
|||
c.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang
sesuai.
|
|||
Penutup Pembelajaran
|
||||
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
efektif
|
||||
a.
|
Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|||
b.
|
Melaksanakan tindak lanjut
dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/pengayaan.
|
|||
Jumlah “YA”
|
||||
Nilai Akhir
= Jumlah YA: Jumlah Item X 100
|
||||
Predikat
|
Rekomendasi:
.....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
............................................,..........
Supervisor,
____________________________
Catatan:
Rentang Nilai:
Interval
|
Hasil Konversi
|
Predikat
|
96
- 100
|
4.00
|
Sangat
Baik
|
91
- 95
|
3.66
|
|
85 - 90
|
3.33
|
Baik
|
80 – 84
|
3.00
|
|
75
– 79
|
2.66
|
|
70
– 74
|
2.33
|
Cukup
|
65
– 69
|
2.00
|
|
60 – 64
|
1.66
|
|
55 – 59
|
1.33
|
Kurang
|
< 54
|
1.00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar