Senin, 01 Februari 2016

Cara mengatasi masalah “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”


Salah satu pesan kesalahan yang sering membuat kita jengkel adalah “A disk read error occurred. PressCtrl+Alt+Del to restart.”, yang walaupun direstart juga akan tetap muncul error yang sama. Ada beberapa solusi yang bisa kita coba untuk memperbaiki masalah ini, mungkin salah satunya bisa bekerja untuk sobat
Dari bunyi errornya dapat disimpulkan kemungkinan adanya kerusakan pada hal – hal yang berhubungan dengan harddisk, ini bisa software atau hardware yang nanti bias sobat diagnosa sendiri.

Cek kabel data Harddisk
Mungkin kabel data dari motherboard ke harddisk kendor atau terjadi kerusakan, silahkan coba lepas dan pasang kembali. Kalau masih belum bisa coba digantikan dengan kabel baru.
Ganti mode Master atau Slave
Ini kalau harddisknya masih bertipe ATA yang sudah sangat jarang ditemukan sekarang, karena sudah tidak dijual lagi barunya. Coba lepas harddisk sobat dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. Sedangkan pada tipe SATA sudah tidak ada mode – mode semacam ini.
Reset konfigurasi BIOS
Alternatifnya coba reset setting BIOS sobat, kembalikan ke default. Cara akses BIOS adalah dengan menekan tombol F2 atau Delete saat pertama kali menyalakan komputer.
http://suhadahanum.blogspot.com/2016/02/cara-mengatasi-masalah-disk-read-error.html

Lepaskan baterai CMOS
Masih berhubungan dengan BIOS, kalau setting default tidak membantu sobat maka coba lepaskan baterai CMOS di motherboard dan pasang kembali.
Cara ini mewajibkan sobat memiliki installer Windows, silahkan booting menuju DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows. Tapi janganlah memilih install ulang, Silahkan cari Repair Windows installation. Yang dilakukan sebenarnya adalah seluruh file sistem Windows akan diganti yang baru sehingga akan normal kembali.
.
Memperbaiki booting Windows
Sekali lagi kita masih membutuhkan installer Windows, tapi kali sobat mengakses command prompt. Kemudian ketikkan perintah:
Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: