Rabu, 06 Juni 2012

Perang Badar

Perang Badar
Perang Badar dalam sejarah Islam merupakan salah satu peristiwa penting yang tidak akan perbah terlupakan. Dalam memperjuangkan agama islam agar dapat menyebar keseluruh penjuru dunia, banyak sekali peristiwa-peristiwa yang dialami oleh Nabi Muhammad saw dan para pengikutnya. Bahkan Nabi Muhammad sendiri banyak mendapatkan hinaan, caci maki dan bahkan banyak pula kekerasan yang dilakukan terhadapNabi Muhammad saw.


Setelah Nabi Muhammad saw hijrah dari Makkah ke Madinah, Islam telah berkembang tersebar luas dan diterima oleh kabilah-kabilah Arab. Kekuatan dan ekonomi Madinah telah menjadi kukuh.  Orang-orang arab Quraisy Makkah tidak senang hati dengan kemajuan ini.

Perang Badar merupakan perang pertama yang dilalui oleh umat Islam di Madinah. Ia merupakan isyarat betapa mulianya umat Islam yang berpegang teguh pada tali agama Allah.  Kemenangan besar kaum muslimin tidak terletak pada jumlah tentara yang ikut serta tetapi terkandung dalam kekuatan iman yang tertanam disanubari mereka.  Dengan Keyakinan mereka pada Allah yang sangat kukuh itu, Allah telah menurunkan bantuan ibarat air yang mengalir menuju lembah yang curam.  Tidak  ada sesiapa yang dapat menahan betapa besarnya pertolongan Allah terhadap umat yang senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.
Serangan yang dilakukan oleh Abdullah Ibn Jahshin terhadap kaum Quraisy pada bulan Rejab yang diharamkan berperang, telah dianggap oleh mereka sebagai tamparan hebat kepada mereka.  Kaum Quraisy menganggap kematian Al-Hadhrami merupakan hal yang seharusnya dibela dengan cara memusnahkan semua pihak yang bersangkutan dengan pembunuhan itu.  Rasulullah sendiri menyedari bahwa pihak Quraisy pasti akan menuntut balas atas kematian Al-Hadhrami tersebut.  Baginda telah membuat persediaan yang lebih awal.
Pada bulan Ramadhan tahun 2 Hijriah,  Rasulullah bersama 313 orang tentera telah keluar dari Madinah untuk mencegat pedagang-pedagang  kaum Quraisy yang pulang dari negeri Syria (Syam) dalam upaya untuk melemahkan tentera Quraisy Makkah dalam penyerangannya ke  Madinah.
Abu Sufyan yang mengetuai rombongan tersebut telah menyedari tindakan Rasulullah itu, lalu beliau mengirimkan utusannya yang bernama Dham Dham bin Amr Al-Ghifari meminta bantuan dari Makkah.
Di Makkah pula, 3 hari sebelum Dham Dham sampai, Atiqah Binte Abdul Muthalib telah bermimpi sesuatu yang sungguh menakutkan.  Atiqah telah bermimpi melihat seorang musafir datang dengan mengendarai unta. Ia berdiri diatas tanah lapang. Kemudian, lelaki tersebut berteriak dengan suara yang amat kuat.
“Ketahuilah wahai keluarga Ghudar, berangkatlah kalian kepada tempat-tempat kematian kalian dalam masa 3 hari.”

Atiqah melihat orang-orang berkumpul dekat musafir tersebut kemudian ia masuk ke dalam masjid diikuti banyak orang dan berdiri ia diatas untanya didepan Ka’bah dan mengucapkan lagi perkataan yang sama. Lelaki itu kemudian berdiri dihadapan Abu Qais dan diulangi ucapannya untuk kali ketiga.  Musafir itu kemudian mengambil batu besar dan melemparkannya.  Batu itu jatuh bergolek.  Ketika batu itu tiba dibawah gunung, ia pecah berkeping-keping. Tidak sebuah rumah pun yang ada di Makkah terlepas dari pecahan batu besar tersebut.

Mimpi Atiqah itu walaupun diminta supaya dirahsiakan, telah tersebar luas di Kota Makkah hingga diketahui oleh Abu Jahal.  Tetapi Abu Jahal dengan sikap bongkak dan sombongnya tidak memperdulikan mimpi itu malah melecehkannya.
Al-Abbas bin Abdul Muthalib, orang pertama yang mengetahui tentang mimpi Atiqah telah mendengar saudaranya di ejek oleh Abu Jahal.  Beliau ingin mempertahankan saudaranya lalu keluar untuk mencari Abu jahal.  Pada ketika beliau terjumpa Abu Jahal, Dham Dham, yaitu utusan dari Abu Sufyan telah sampai ke Makkah dengan membawa berita Abu Sufyan meminta bantuan.  Karena itu juga Makkah terkecoh dengan berita ini.  Ramai pembesar-pembesar Quraisy merasa marah dengan tindakan Muhammad.  Mereka lalu mengumpulkan orang untuk keluar membantu Abu Sufyan.  Tidak ada seorang lelaki pun yang ingin ketinggalan dalam peperangan ini.  Ada diantara mereka yang tidak dapat ikut tetapi mengutus orang suruhan mereka untuk ikut serta.

Sebelum dimulainya peperangan di Badar, Nabi Muhammad S.A.W telah mengutusTalhah Bin Ubaidullah dan Said bin Zaid untuk mengumpulkan berita tentang kabilah Abu Sufyan.  Mereka mengumpulkan berita ynag perlu dan kembali ke Madinah untuk disampaikan kepada Rasul.  Baginda bergerak bersama-sama para pengikutnya.  Baginda menuju ke Badar tetapi terlebih dahulu Baginda mengutus Ali bin Abu Talib, Zubir bin Al-Awwam dan Saad Bin Abi Waqqas bersama beberapa orang lain ke Badar mengumpulkan berita terbaru tentang orang Quraisy serta musuh mereka. Berita yang diperoleh dari dua orang budak lelaki tadi nerisi tentang tempat persinggahan orang Quraisy.  Apabila Rasulullah bertanya berapa ekor binatang yang disembelih untuk makanan mereka setiap hari, mereka  menjawab 9 atau 10 eokr.  Dengan kebijaksanaan Rasulullah, Beliau dapat memperhitungkan jumlah tentera musuh ada 900 hingga 1000 orang tentera.

Tidak ada komentar: