Selasa, 12 Juni 2012

Cara Membuat Tahu

Cara Membuat Tahu

Cara Membuat Tahu yang sehat, yang tidak mengandung bahan pengawet yang membahayakan kesehatan adalah harapan bagi setiap kondumen. Sangat memprihatinkan memang bahwa sekarang ini masyarakat banyak sekali disuguhi berbagai jenis penganan/jajanan yang kadang diragukan kesehatannya, terutama jajanan anak-anak. Demikian juga tahu, kadang agar tahu bisa tahan lama, pembuat tahu menggunakan bahan pengawet yang bisa membayakan kesehatan.

Pada tulisan ini saya coba sajikan bagai mana cara membuat tahu yang sehat dan bisa tahan lama. Cara membuat tahu yang sehat, tentu saja tanpa formalin, memang memerlukan ketelatenan dan tentu saja ini adalah harapan semua konsumen. Apalagi tahu, seperti juga tempe merupakan makaann/lauk makan yang paling banyak dipakai masyarakat di Indonesia, terutama di pulau Jawa ini.

Berikut Cara Membuat Tahu yang sehat tanpa formalin:
Pertama-tama, kedelai harus direndam dalam air dingin bersih selama 1,5 jam supaya mengembang dan memudahkan kulit kedelai lepas.

“Jangan lupa dicuci lagi sebelum memasuki proses giling yang diikuti perebusan santan kedelai,”. Perebusan santan kedelai itu cukup 10 sampai 15 menit dengan suhu 300 derajat celcius.
Sesudah itu, santan kedelai yang sudah matang disaring lalu dicampur dengan air rebusan kedelai yang terfermentasi.

“Diamkan saja 10 sampai 15 menit, lalu cetak dan potong-potong, tahunya siap untuk di masak apa saja,”
Tahu yang sudah jadi, masih harus direndam dalam air panas supaya awet.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: