Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik
peserta didik
Nama Guru yang di nilai : ARNO
PegID/NUPTK : 3034739642200033
Nama Penilai : SUHADA
Kelas / Mata Pelajaran
: II/ GURU KELAS
Catatan Fakta Sebelum Pengamatan
Tanggal : 13 OKTOBER 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksaSuhada Hanum
Daftar nilai, absensi siswa, catatan kemampuan siswa
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru mengetahui kemampuan belajar siswa dan
keterangan guru relative sesuai dengan hasil ulangan siswa.
-Guru memiliki catatan kejadian yang terjadi di kelasnya
-Guru memiliki catatan tentang tugas/PR siswa
Tindak lanjut yang diperlukan:
Periksa kelengkapan administrasi pembelajaran
Selama Pengamatan
Tanggal
14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru mengatur tempat duduk siswa sebelum materi dimulai
-Guru menegur secara halus siswa yang tidak memperhatikan
penjelasan guru
-Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk mengecek pemahaman
siswa tentang materi yang diberikan
-Sebagain besar siswa melaksanakan tugas yang diberikan
dengan serius
-Guru berjalan berkeliling kelas sambil membimbing siswa
mengerjakan lembar kerja
-Guru meminta salah satu siswa untuk pindah tempat duduk ke
barisan depan
-Guru hafal betul nama-nama siswa di kelas
Tindak lanjut yang diperlukan:
Tanyakan kepada guru alasan meminta siswa untuk pindah
tempat duduk
Setelah Pengamatan
Tanggal 16
Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru meminta siswa untuk pindah tempat duduk karena siswa
tersebut mempunyai masalah penglihatan
-Guru pernah mengambil siswa yang kurang bias berkonsentrasi
dalam belajar dan meminta guru Bimbingan dan Konseling untuk member layanan
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru memantau atau memonitor perkembangan siswa
Pemantauan
Tanggal 13 s.d 20 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Anecdotal record
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru memiliki anecdotal record (berisi tentang catatan
kemajuan belajar siswa, siswa yang tidak hadir, siswa yang tidak
mengerjakan pekerjaan rumah dll)
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Penilaian
untuk Kompetensi 2 :
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajaran yang
mendidik
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK
:
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran
:
Sebelum Pengamatan
Tanggal 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP, LKS, Daftar absen
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
-Guru dapat menjelaskan alasan penyusunan langkah-langkah
kegiatan dalam RPP
-Guru mengetahui tujuan pembelajaran serta metode yang akan
digunakan dalam KBM
Tindak lanjut yang diperlukan:
Amati susunan RPP apakah sudah sesuai dengan
langkah-langkahnya
Selama Pengamatan
Tanggal
14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
RPP, Silabus
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik selama pengamatan:
-Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
-Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan konsep
Kimia
-Guru memberikan pertanyaan kepada siswa baik pertanyaan
terbuka maupun pertanyaan untuk dijawab secara individu
-Guru mengaitkan materi dengan pengetahuan awal siswa
-Guru memberikan pujian kepada siswa yang berani bertanya
-Guru menggunakan slide di LCD untuk membimbing siswa dalam
mengerjakan soal dan percobaan
-Guru meminta siswa untuk bekerja kelompok
-Guru mengecek pemahaman siswa tentang tugas yang diberikan
-Guru mendemonstrasikan cara mendiskripsikan hasil praktik
membaca kalimat Istigfar secara lisan
di depan kelas.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Tanyakan kepada guru tentang aktivitas pembelajaran yang
berbeda dari rencana yang tertulis pada RPP
Setelah
Pengamatan
Tanggal
16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP
Setelah pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/keterangan guru:
-Guru dapat menjelaskan alas an mengapa siswa diminta
bekerja secara kelompok dalam suatu materi Praktik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Kompetensi 3 :
Pengembangan kurikulum
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK
:
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran
:
Sebelum
Pengamatan
Tanggal 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
RPP dan Silabus
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
-RPP yang
ditulis guru ternyata sesuai dengan silabus
-Silabus yang disusun guru sesuai dengan standar
isi/kurikulum
Tindak lanjut yang diperlukan:
Amati apakah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan RPP
Selama Pengamatan
Tanggal
14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP dan Silabus
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik selama pengamatan:
-Guru mengaitkan materi pembelajaran tentang percobaan dalam
kehidupan sehari- hari
-Guru menjelaskan materi dengan lancar
-Guru menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan jelas
-Guru meminta siswa untuk bekerja berkelompok
-Siswa mengisi lembar kerja dengan informasi yang didapat
dari kegiatan menganalisis hasil percobaan larutan asam basa
-Guru melaksanakan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
sesuai dengan RPP
Tindak lanjut yang diperlukan:
Tanyakan kepada guru bagaimana caranya memanfaatkan
kemampuan siswa tentang materi yang diberikan untuk pengembangan materi
berikutnya
Setelah
Pengamatan
Tanggal 16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
RPP dan silabus
Setelah pengamatan: Tanggapan
penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru:
Guru merencanakan materi praktik berikutnya dan memeriksa
alat dan bahan yang akan di praktikkan
Kompetensi 4 :
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum Pengamatan
Tanggal
: 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
RPP, LKS, Daftar Absen Siswa
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru dapat menjelaskan kemugkinan kesulitan yang akan
dialami siswa dalam memahami materi yang diberikan yaitu kemungkinan siswa akan
mengalami kesulitan dalam mendiskripsikan hasil hasil praktik membaca kalimat
Istigfar
Tindak lanjut yang diperlukan:
Amati bagaimana cara guru mengatasi kemungkinan kesulitan
yang dialami siswa dalam pembelajaran di dalam kelas
Selama Pengamatan
Tanggal
: 14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
-Guru memberikan materi dengan menggunakan media papan
tulis, lembar kerja siswa, slide dalam LCD dan laptop
-Guru menegur dengan halus siswa yang kurang memperhatikan
penjelasan guru
-Guru mengatur waktu dalam member penjelasan, memberi
kesempatan untuk menghafal kalimat istigfar, dan mempresentasikan kemampuan
mendiskripsikan hasil praktik membaca kalimat istigfar
-Guru melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai
dengan RPP
-Siswa bekerjasama dengan teman sekelompok dalam
menganalisis hasil praktik membaca kalimat istigfar
-Guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
-Guru membuka Tanya jawab
-Guru member kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan siswa lain.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Tanyakan kepada guru tentang hal-hal positif yang tercapai
dalam pembelajaran yang diberikan dan hal-hal yang masih harus
ditingkatkan
Setelah Pengamatan
Tanggal
: 16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Setelah pengamatan:
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Sebagain besar siswa dapat mendiskripsikan hasil praktik
membaca kalimat istigfar
-Masih ada beberapa siswa yang masih memerlukan motivasi
uuuntuk bias percaya diri dalam mendiskripsikan hasil praktik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru jangan terlalu banyak ceramah
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi
5 :
Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum Pengamatan
Tanggal
: 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Daftar hadir siswa
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru dapat menyebutkan nama-nama siswa yang
direkomendasikan untuk diberi layanan bimbingan dan konseling
Tindak lanjut yang diperlukan:
Periksa alas an siswa-siswa tersebut
diberi layanan bimbingan dan konseling dan tanyakan apa dampak dari layanan
tersebut.
Selama Pengamatan
Tanggal
: 14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
-Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
-Guru memuji siswa yang berani bertanya
-Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan temannya
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang bisa mejawab
pertanyaan guru
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang sudah mampu
mendiskripsikan hasil percobaan larutan asam basa secara lisan di depan kelas
-Guru meminta siswa untuk memperhatikan penjelasannya
-Guru menegur siswa yang kurang memperhatikan pejelasan
guru
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru memberikan tugas/PR dan soal
pengayaan
Setelah Pengamatan
Tanggal : 16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
-Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang
dilakukan)
-Guru memberi motivasi kepada siswa agar lebih rajin
lagi dalam memahami pelajaran
Tindak lanjut yang diperlukan :
Siswa diberi layanan bimbingan dan konseling karena
umumnya mereka mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi pada materi pelajaran
Pemantauan
Tanggal : 13 s.d 20 Oktober
2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
- Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru belum memiliki Catatan khusus tentang kemajuan
belajar siswa.
Kompetensi 6 :
Komunikasi Dengan Peserta didik
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum Pengamatan
Tanggal : 13 Oktober
2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
-Guru merencanakan untuk melakukan pembelajaran yang
mendorong interaksi antar peserta didik dengan cara bekerja kelompok
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru mampu menggunakan teknik bertanya yang lebih
bervariasi
Selama Pengamatan
Tanggal
: 14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP
Kegiatan/ aktivitas guru dan peserta
didik selama pengamatan:
-Guru memuji siswa yang berani bertanya
-Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan temannya
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang bisa menjawab
pertanyaan guru
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang sudah mampu
mendiskripsikan hasil percobaan larutan asam basa secara lisan di depan kelas
-Guru meminta siswa untuk memperhatikan penjelasannya
-Guru menegur siswa yang kurang memperhatikan penjelasan
guru
-Guru memberikan materi dengan menggunakan media papan
tulis, lembar kerja siswa, slide dalam LCD dan laptop
-Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk mengecek pemahaman
siswa terhadap materi yang diberikan
-Guru menegur dengan halus siswa yang kurang memperhatikan
penjelasan guru.
-Guru mengatur waktu dalam memberi penjelasan, member
kesempatan untuk mengisi lembar kerja, dan mempresentasikan kemampuan
mendeskripsikan hasil praktik membaca kalimat istigfar sesuai dengan RPP
-Guru melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai
dengan RPP
-Siswa bekerja sama dengan teman sekelompok dalam
menganalisa hasil praktik
-Guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan
sehari-hari
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru harus berkomunikasi dengan
siswa yang lebih jelas
Setelah Pengamatan
Tanggal : 16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
-
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
-Guru berpendapat bahwa pelaksanaan praktik membaca kalimat
istigfar berjalan baik selama pembelajaran
Tindak lanjut yang diperlukan:
Efektivitas komunikasi guru dengan siswa selama
praktek sesuai dengan yang diharapkan
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi
7 :
Penilaian dan evaluasi
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum
Pengamatan
Tanggal : 13 Oktober
2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP, sampel soal ulangan, daftar
nilai
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru dapat menjelaskan manfaat penilaian untuk meningkatkan
minat siswa dalam mempelajari materi yang akan diberikan dalam pertemuan
berikutnya
-Guru memiliki daftar nilai yang cukup lengkap (nilai
ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan
kenaikan kelas)
Tindak lanjut yang diperlukan:
-Tanyakan bagaimana cara guru mengkomunikasikan hasil
penilaian kepada siswa
Setelah Pengamatan
Tanggal
: 16 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Analisis hasil penilaian
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
-Guru sudah pernah melakukan analisis hasil penelitian
secara rinci dan tertulis
-Guru membagikan hasil ulangan harian kepada siswa
-Guru menempel hasil UTS dan UAS pada papan pengumuman
sekolah
-Guru menentukan alat evaluasi yang tepat untuk hasil
praktik membaca kalimat istigfar
Tindak lanjut yang diperlukan:
Meneliti kembali dokumen atas kebenarannya
Kompetensi 8 :
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan
kebudayaan nasional
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum Pengamatan
Tanggal : 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
Instrumen Guru
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru berpendapat bahwa Negara Indonesia sangat kaya akan
budaya, bahasa, dan agama. Hal ini dapat menjadi keuntungan ataupun kesulitan
bagi bangsa Indonesia. Tergantung dari cara mengelolanya.
-Guru memperlakukan sama pada siswa, tidak membedakan suku,
agama, dan budaya.
Tindak lanjut yang diperlukan:
-Pengamatan kegiatan di luar sekolah
Pemantauan
Tanggal
: 13 s.d 20 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Instrumen wawancara
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru sering mengunjungi undangan dari teman sesame guru
-Guru memperlakukan teman sesame guru dengan cara relative
sama
-Guru sering mengikuti upacara peringatan hari besar yang
diselenggarakan sekolah
-Guru berpendapat ahwa Negara Indonesia sangat kaya akan
budaya, bahasa, dan agama. Hal ini dapat menjadi keuntungan ataupun kesulitan
bagi bangsa Indonesia. Tergantung dari mengelolanya.
-Guru melaksanakan kerjasama yang baik antara sesame teman
sejawat, orangtua dan siswa.
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi 9 :
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Selama Pengamatan
Tanggal
: 13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Pengamatan perilaku guru
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru berbicara dengan sopan ketika menyampaikan materi
pembelajaran dengan siswa
-Guru member kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan temannya
-Guru memuji siswa yang berani bertanya
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang bisa menjawab
pertanyaan guru
-Guru meminta siswa untuk memperhatikan penjelasannya
-Guru menegur siswa yang kurang memperhatikan penjelasan
guru
-Sebagain besar siswa memperhatikan penjelasan guru dengan
serius
-Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemajuan
belajar siswa
Tindak lanjut yang diperlukan:
Pemantauan
Tanggal : 13 s.d 20 Oktober
2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Daftar hadir guru
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru tidak terlambat masuk terlambat ke kelas
-Guru aktif di KKG
-Guru adalah pengurus KKG di Kecamatan
-Guru membagikan hasil ulangan harian kepada siswa
-Guru secara fisik berpenampilan rapid an bersih.
Kompetensi 10
:
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi
guru.
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Selama Pengamatan
Tanggal
: 14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Instrumen guru dan paket
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru memiliki materi tambahan sesuai tujuan pembelajaran
yang bisa digunakan oleh orang lain/guru piket.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Pemantauan
Tanggal : 13 s.d 20 Oktober
2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Instrumen siswa
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru
mengawali dan mengakhiri tepat waktu masuk ke dalam kelas
-Dalam semester 1 guru pernah tidak masuk kelas 2 kali
karena sakit
-Dlam semester 2 guru tidak masuk 3 kali Karena sakit dan
tugas dari sekolah
-Guru memberikan tugas kepada siswa apabila berhalangan
hadir
-Guru tidak pernah terlambat masuk ke kelas
-Guru selalu hadir mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi 11
:
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Selama
Pengamatan
Tanggal
14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Pengamatan guru
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Guru berinteraksi dengan peserta didik secara merata.
-Guru melontarkan pertanyaan kepada peserta didik untuk
menarik perhatian siswa.
-Guru menghargai hasil Kerja peserta didik dengan memberi
pujian.
-Guru dapat mengatasi persaingan yang tidak sehat antar
peserta didik.
-Guru memberikan tegoran dan nasihat kepada peserta didik
yang melakukan tindakan negative
.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Pemantauan
Tanggal : 13 s.d 20
Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru aktif di KKG gugus/kecamatan
-Guru tersebut adalah pengurus KKG di Kecamatan
-Guru sering mengunjungi undangan dari teman sesama guru
-Guru memperlakukan teman sesame guru dengan cara yang
relative sama
-Guru sering mengikuti upacara peringatan hari besar yang
diselenggarakan di sekolah/dikecamatan
-Guru sering menggunakan waktu istirahat untuk membicarakan
masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di kelas
-Guru berperan aktif ketika dalam diskusi formal dan informal
untuk membahas masalah peningkatan mutu pendidikan di sekolah
LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN
DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi 12
:
Komunikasi dengan semua guru,tenaga kependidikan, orang tua
peserta didik,dan masyarakat
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Pemantauan
Tanggal
: 13 s.d 20 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Buku Pembinaan Siswa, Buku kemajuan hasil belajar
siswa
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Guru merekomendasikan siswa yang perlu mendapatkan layanan
bimbingan dan konseling tapi tidak ada bukti tertulis
-Guru mengundang orang tua dari siswa yang bermasalah dalam
pelajaran yang diampunya untuk mengkomunikasikan masalah yang dihadapi siswa.
-Guru memperlakukan teman sesama guru dengan cara yang
relative sama
-Guru sering mengikuti upacara peringatan hari besar yang
diselenggarakan di sekolah
-Guru sering menggunakan waktu istirahat untuk membicarakan
masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di kelas
-Guru mempunyai buku kemajuan hasil belajar siswa
LEMBAR CATATAN
FAKTA HASIL PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi 13
:
Penguasaan materi,struktur,konsep,dan pola piker keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Sebelum Pengamatan
Tanggal :13 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
-Pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar
-RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
-Materi yang dipilih dalam RPP adalah materi yang cukup
menarik
-Guru memiliki dokumen pemetaan standar kompetensi dan
kompetensi dasar yang digunakan untuk menyusun silabus dan RPP
Tindak lanjut yang diperlukan:
Amati apakah penyampaian materi sesuai dengan RPP atau
tidak
Selama Pengamatan
Tanggal
: 14 Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Pengamatan guru di dalam kelas
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik selama pengamatan:
-Guru menguasai materi pembelajaran
-Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan lancar dan
jelas
-Guru mengulangi beberapa hal yang dianggap penting dalam
pembelajaran (salah satunya cara siswa mengerjakan lembar kerja siswa)
-Guru memuji siswa yang berani bertanya
-Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan temannya
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang bisa menjawab
pertanyaan guru
-Guru memberikan penguatan kepada siswa yang sudah mampu
mendeskripsikan hasil percobaan larutan asam basa secara lisan di depan kelas
-Guru meminta siswa untuk memperhatikan penjelasannya
-Guru menjawab pertanyaan siswa setelah memberi kesempatan
pada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan temannya.
-Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk mengecek pemahaman
siswa terhadap materi yang diberikan
-Guru menegur dengan halus siswa yang kurang memperhatikan
penjelasan guru
-Guru mengatur waktu dalam memberi penjelasan, member
kesempatan untuk mengisi lembar kerja, dan mempresentasikan kemampuan mendeskripsikan
koran sesuai dengan RPP
-Guru melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai
dengan RPP -Siswa bekerja sama dengan teman sekelompok dalam menganalisa hasil
praktik Guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
Tindak lanjut yang diperlukan:
LEMBAR CATATAN
FAKTA HASIL PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Kompetensi 14
:
Mengembangkan keprofesian melalui tindakan yang reflektif.
Nama Guru yang di nilai :
PegID/NUPTK :
Nama Penilai :
Kelas / Mata Pelajaran :
Pemantauan
Tanggal : 13 s.d 20
Oktober 2014
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
-Agenda pembelajaran
-Sertifikat seminar, workshop, dll
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
-Dalam tahun ini guru pernah mengikuti 2 kali seminar dan 1
kali workshop (ada sertifikat)
-Guru aktif di KKG di Kecamatan
-Guru adalah pengurus KKG di Kecamatan
-Guru mempunyai rencana Pengamatan Keprofesian Berkelanjutan
untuk tahun yang akan datang
-Dalam tahun ini, guru pernah menulis publikasi ilmiah
berbentuk penelitian tindakan kelas
-Guru sering mengakses internet untuk kepentingan
pembelajaran
-Kadang-kadang guru menggunakan e-mail untuk berkomunikasi
-Guru memiliki agenda pembelajaran pribadi yang mememuat
hal-hal yang harus diperhatikan untuk perbaikan pada pembelajaran berikut
(contoh: catatan tentang PR yang diberikan, siswa yang tidak mengerjakan
PR, rencana pertemuan berikutnya, dll
Tindak lanjut yang diperlukan:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar